Sekertaris Kecamatan


mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas camat dalam perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang perencanaan, evaluasi, pelaporan, umum, kepegawaian, dan keuangan. Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi :perumusan kebijakan teknis di bidang kesekretariatan

  1. pengoordinasian dan pelaksanaan kegiatan kesekretariatan
  2. pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan kesekretariatan
  3. pengelolaan dan fasilitasi kegiatan kesekretariatan
  4. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan kesekretariatan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Camat di bidang kesekretariatan

Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud di atas, Sekretaris Kecamatan mempunyai rincian tugas :

  1. menyusun rencana dan program kegiatan Sekretariat berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. menjabarkan perintah pimpinan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien;
  3. membagi tugas bawahan sesuai dengan jabatan dan kompetensinya serta memberikan arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait baik vertikal maupun horizontal untuk mendapatkan informasi, masukan, serta dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi pelaksanaan tugas;
  5. menelaah dan mengkaji peraturan perundang-undangan sesuai lingkup tugasnya sebagai bahan atau pedoman untuk melaksanakan kegiatan;
  6. menyiapkan konsep kebijakan Camat dan naskah dinas yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, evaluasi, pelaporan, sistem informasi, keuangan, administrasi umum, kepegawaian dan fungsi lain yang diberikan oleh Camat;
  7. mengoordinasikan dan menyiapkan konsep Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta perubahan anggaran sesuai ketentuan dan plafon anggaran yang ditetapkan;
  8. memfasilitasi pelaksanaan tugas penatausahaan administrasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sesuai peraturan perundang-undangan;
  9. mengoordinasikan dan menyiapkan konsep Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja), Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kinerja (PK) dan jenis dokumen perencanaan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  10. mengoordinasikan dan menyiapkan konsep Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati (LKPJ), Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP), Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Kecamatan (LPPK), Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah (EKPD), Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) dan jenis pelaporan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  11. mengelola sistem informasi dan data Kecamatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar diperoleh efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan;
  12. menyelenggarakan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, ketatalaksanaan, kehumasan, protokoler, perpustakaan, kearsipan, dokumentasi, perlengkapan/perbekalan, pengamanan kantor, kebersihan dan pertamanan, pengelolaan aset tetap dan aset tidak tetap, serta fasilitasi kegiatan rapat dan penerimaan kunjungan tamu Kecamatan;
  13. mengoordinasikan rencana dan proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kecamatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  14. mengoordinasikan dan memfasilitasi penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), analisis jabatan, analisis beban kerja, evaluasi jabatan, budaya kerja, survey kepuasan masyarakat, standar pelayanan serta pengusulan formasi kebutuhan pegawai Dinas;
  15. melaksanakan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian fungsi-fungsi manajemen administrasi perkantoran agar terwujud pelayanan prima;
  16. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sekretariat dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun untuk bahan laporan dan kebijakan tindak lanjut;
  17. mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir, pemberian penghargaan dan sanksi;
  18. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan;
  19. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan baik lisan maupun tertulis berdasarkan kajian agar kegiatan berjalan lancar serta untuk menghindari penyimpangan; dan
  20. melaksanakan tugas kedinasan lain dari pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi unit kerjanya

AGENDA KEGIATAN

BERITA TERBARU

 
Jumat, 20 September 2019 09:32:46
Lepas Sambut Camat Kaliwungu

Lepas Sambut Camat Kaliwungu dari Bapak Achmad Ircham Chalid, S.STP, MH kepada Bapak Drs Nung Tubeno, bulan September 2019

Selengkapnya
 
Selasa, 20 Agustus 2019 08:03:30
Upacara Peringatan ke 74 Hut RI Tahun 2019 di Kecamatan Kaliwungu

Rangkaian kegiatan dalam Upacara Peringatan ke 74 Hut RI Tahun 2019 di Kecamatan Kaliwungu pada hari Sabtu 17 Agustus 2019

Selengkapnya
 
Rabu, 31 Juli 2019 16:12:48
Jadwal Lomba dan Kegiatan Peringatan HUT RI tingkat Kecamatan Kaliwungu

Saksikan dan ikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tingkat Kecamatan Kaliwungu Tahun 2019

Selengkapnya
 
Rabu, 31 Juli 2019 16:08:31
Karnaval Peringatan HUT Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Kendal

Saksikanlah Karnaval Peringatan HUT Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Kendal yang akan diselenggarakan pada hari Rabu 21 Agustus 2019 di Kecamatan kaliwungu, Start Mulai PT Texmaco Finish di Alun-Alun Kaliwungu

Selengkapnya

Statistik Pengunjung

74

Pengunjung hari ini
1

Pengunjung online
14925

Total Pengunjung
90740

Total Hit